Senin, 18 Februari 2013

TRADISI GAMPANGNYA MENJAGA KEBERSIHAN

Bersih pangkal sehat !

Entah darimana peribahasa itu muncul, tapi disadari atau tidak kesehatan memang bergantung pada kebersihan (salah satunya). Pernah sadar tidak kalau sebenarnya kita bisa gampang menjaga kebersihan karena hal tersebut telah menjadi tradisi. Nih contoh gampangnya menjaga kebersihan yang tanpa disadari kita lakukan sehari-hari :

1. Mandi, siapa sih orang di dunia ini yang belum pernah mandi ? (oke, gak perlu bilang saya kalau emang kamu males mandi).Maksudnya di dunia ini semalas-malasnya seseorang untuk mandi, suatu saat dia pasti akan luluh juga untuk merasakan sensasi sabun dan air yang saling beradu. Contohnya ketika mendadak naksir seseorang, trus orang itu ngajak kencan. Pasti mau tampil wangi dan bersih kan ? Nah, langkah awalnya ya mandi.


2. Mencuci pakaian atau piring. Menjaga kebersihan peralatan makan dan perlengkapan yang melekat dibadan juga sudah menjadi kebiasaan umum seseorang. Kecuali kalau kamu seorang konglomerat yang sekali make barang langsung dibuang :))


3. Membuang sampah pada tempatnya. Kenapa "pada tempatnya" dicetak miring ? Karena beberapa orang mengartikan kata itu sebagai "buang di sungai, di halaman rumah tetangga, di selokan, di mana saja sesuka hati". Entah karena ambigu-nya kalimat atau kekurangpahaman masyarakat sehingga kita masih melihat sampah bertebaran di mana-mana. Tapi, mereka gak salah kok, mereka sudah menjaga tradisi dengan membuang sampah pada tempatnya.


Nah, ternyata menjaga kebersihan itu gampang bukan? Tuh beberapa bahkan sudah menjadi kebiasaan kita. Yuk, biasain menjaga kebersihan yang lain sehingga menambah tradisi baik lainnya.

- Regards Pipit, menulis dan menggambar karena cinta -

4 komentar:

  1. membaca beberapa kata dengan kepala miring :) hhe

    BalasHapus
    Balasan
    1. kurang jelas ya? :| bikinnya terburu-buru :|

      Hapus
  2. naaah iyaa tuh, kebanyakan buang sampah itu sesuka hati. segala tempat jadi tempat penampungan sampah padahal sampah punya tempat sendiri.
    yuuuk yuuuk saling jaga kebersihan :)
    SEMANGAAAAAAAAAAAAAT!!!

    BalasHapus

what do u think, say it !